Home » , » Kewajiban Muslim Dalam Beragama

Kewajiban Muslim Dalam Beragama

Kewajiban Muslim Dalam Beragama

Bismillah ..
KEWAJIBAN DALAM BERAGAMA

Seseorang itu antara tiga:

Orang Pertama:

ALIM ULAMA: Kewajiban atasnya adalah untuk ijtihad (berusaha) untuk sampai kepada dalil Al-Quran dan Hadis berdasarkan ilmu-ilmu alat yang dimiliki.
Orang Kedua:
PENUNTUT ILMU: Kewajiban atasnya untuk memahami permasalahan-permasalahan dengan dalil-dalilnya, lalu dievaluasi pendapat ulama mana yang paling kuat dan yang paling hampir dengan Al-Quran dan Hadis.
Orang Ketiga:
MASYARAKAT AWAM: Tugas mereka adalah untuk bertanya kepada alim ulama (golongan pertama) yang dilihat paling alim, terpercaya dan yang paling hampir dengan Al-Quran dan Hadis.
Demikian hasil perintah Allah dalam Firman-Nya:
وأطيعوا الله والرسول لعلكم ترحمون
"Dan Taatilah Allah dan Rasul-Nya, supaya kamu diberi rahmat."
Surat Ali Imran, 132
Keterangan Ayat:
KETAATAN kepada ALLAH dan RASUL itulah yang menjadi KEWAJIBAN & TUJUAN setiap Muslim.
Bukan taat kepada selainnya; kepada si fulan atau si fulan.
2. Firman-Nya:
فإن تنازعتم في شيء فردوه إلى الله والرسول
"Jika kamu berselisih dalam sesuatu hal, maka kembalikanlah kepada (Kitab) Allah (Al-Quran) dan (Sunnah) Rasul-Nya."

Surah An-Nisa ', 59
Keterangan Ayat:
Umat Islam diperintahkan untuk kembali kepada Al-Quran dan Hadis sebagai cara menyelesaikan apapun permasalahan yang timbul di antara mereka; baik hal Agama ataupun dunia.
Al-Quran dan Hadis itulah yang akan mempersatukan mereka.
Selagi mana Umat Islam menjadikan selainnya sebagai referensi; pemahaman si fulan, aliran si fulan, peraturan dan ketetapan ini dan itu; maka selama itu mereka tidak dihitung menunaikan perintah Allah dalam ayat ini dan selama itulah Umat Islam akan berperkara.

3. Firman Allah:
فلا وربك لا يؤمنون حتى يحكموك فيما شجر
"Demi Tuhanmu! Mereka TIDAK dianggap BERIMAN sehingga mereka menjadikan kamu (Muhammad) sebagai HAKIM dalam setiap perselisihan yang timbul di antara mereka, kemudian mereka pula TIDAK MERASA dalam diri mereka KEBERATAN terhadap apa yang telah engkau putuskan, dan mereka MENERIMA keputusan itu dengan SEPENUHNYA. "
Surat An-Nisa ', ayat 65
Keterangan Ayat:
Ayat ini menjadi ancaman buat mereka yang terus keras kepala tidak mau kembali kepada Sunnah Nabi, sebaliknya ingin terus membuat aliran masing-masing sebagai pegangan, sedangkan telah jelas kepadanya bahwa ia menyalahi Sunnah Nabi.
Mereka dihitung sebagai orang yang tidak tulus imannya.
Maka seseorang Muslim haruslah selalu tunduk patuh kepada perintah Allah dan Rasul-Nya, reda dan melaksanakannya dengan penuh tanpa mengharapkan apa-apa yang lain sebagai ganti.
4. Dan Firman-Nya:
فاسألوا أهل الذكر إن كنتم لا تعلمون
"Jadi tanyakanlah kepada orang-orang yang berpengetahuan AGAMA jika kamu TIDAK MENGETAHUI."
Surah An-Nahl, 43
Keterangan Ayat:
Orang yang tak tahu; masyarakat umum dan orang jahil; WAJIB BERTANYA kepada orang yang tahu, untuk sampai kepada Al-Quran dan Hadis dan mempraktikkan Agama menurut Sunnah Nabi dan sejajar dengan pemahaman dan praktek para Sahabat Nabi.
Bagi yang tahu pula yaitu para Alim Ulama, ilmuwan dan agamawan, adalah menjadi tanggung jawab mereka untuk MENJAWAB dan menjelaskan kepada orang yang bertanya kemusykilan-kemusykilannya.

KESIMPULAN
Singkatnya, bukanlah mazhab, aliran, tokoh ini atau itu yang menjadi persoalan atau ketetapan, sebaliknya segala upaya dan tujuan harus terfokus kembali kepada Al-Quran dan Hadis menurut pemahaman para Sahabat Nabi, tak peduli apakah Anda ilmuan, penuntut ilmu ataupun orang awam .

Barakallahu fikum.

- Ustadz Abu Omar Idris Sulaiman

0 comments:

Post a Comment

Followers